Kata "Kami" Dalam Al Qur'an

~ Selasa, 12 April 2011
Pertanyaan :


Mengapa Al Qur'an menggunakan lafal "Nahnu" (Kami) ketika berbicara tentang Alloh?

Jawaban :


Banyak dari kalangan kaum non muslim mengira bahwa Tuhannya umat islam itu ada banyak, lebih dari satu, karena menggunakan kata "kami" yang menunjukan Alloh dalam Al Qur'an. Perlu kita ketahui, bahwa orang yang berbicara dengan bahasa Arab akan mengetahui bahwa bentuk jamak (plural) seperti "Nahnu" dan "Na" yang berarti "Kami" digunakan untuk dua orang atau lebih dan terkadang juga digunakan untuk individu yang agung atau yang diagungkan sebagai indikasi keagungannya.



Konteks ini disesuaikan dengan subjek dan topik pembicaraannya. Zat Alloh memiliki hak prerogatif terhadap kebesaran dan keagungan yang mutlak. Jadi, penggunaan bentuk jamak ini karena aspek tersebut.

Banyak sekali dalil yang menunjukan keesaan Alloh, baik dari segi zat, sifat, atau perbuatan-perbuatan-Nya. Semua itu bahkan merupakan landasan pokok Islam. Sekarang pun kalau kita lihat dalam undang-undang atau peraturan yang dibuat oleh seorang raja atau presiden, kata ganti kami masih sering dipakai untuk mewakili kata saya.

0 komentar:

Posting Komentar